HOME   > REFERENSI  > -Manajemen ISO 9001 PT. LTFI >   B. Project and maintenance

 
 

  B. Project and maintenance


B.1 PETA BISNIS PROSES PROJECT / MAINTENANCE BUILDING

B.2 UMUM

Untuk meningkatkan pelayanan kepada tenant maka diperlukan pengembangan dan pembangunan fasilitas-fasilitas yang menunjang. Dalam proses penambahan/pembangunan fasilitas diperlukan kegiatan feasibility study terlebih dahulu agar sesuai dengan business plan yang direncanakan. Agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar maka ditunjuk sebagai penanggung jawab adalah departemen project holding (PRJ)


B.3 PROSES PERENCANAAN DESAIN

Project Coordinator (PC) dibantu oleh Asisten PC (APC) dan Landscape Archirtect (LDA) akan mempersiapkan rencana untuk setiap desain yang ditangani. Data-data yang diterima (sket dan spesifikasi), standar desain yang berlaku, peraturan/ketentuan pemerintah setempat merupakan input dalam menghasilkan basic desain yang dibuat oleh konsultan desain.

        Basic desain yang telah disetujui Presiden Direktur/Direktur akan diproses lanjut untuk mendapatkan final desain berupa gambar-gambar struktur, arsitektur atau landscape dan spesifikasi. Hasil final desain yang disetujui diberi identifikasi berupa tandatangan dan cap approved dari PC/APC.

Hasil desain harus memenuhi persyaratan desain dan sebelum diloloskan maka harus dilakukan review terhadap hasil desain tersebut. Pada tahap tertentu dari desain, dilaksanakan verifikasi desain untuk memastikan hasil desain memenuhi persyaratan masukan desain.
   
    Validasi desain dilakukan untuk menjamin bahwa fasilitas yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

    Seluruh perubahan desain atau modifikasi desain diidentifikasikan, ditinjau dan dan disetujui oleh pihak yang berwenang sebelum direalisasikan.

    Gambar-gambar teknik meliputi gambar kerja (shop drawing) dan as built drawing. Penomoran gambar mengikuti ketentuan yang berlaku di perusahaan atau sesuai dengan kesepatan dengan konsultan desain. Pengendalian dilakukan dengan membuat daftar gambar kerja dan daftar distribusi gambar kerja. Gambar-gambar kerja dengan stempel “For Construction” didistribusikan kepada pengawas maupun kontraktor dimana gambar-gambar tersebut dibutuhkan.

    Gambar yang mengalami perubahan akan diidentifikasi dan gambar yang sudah tidak berlaku akan ditarik atau dihindari dari penggunaan.

Dokumen terkait :
1.    Rencana SMM Project PT. LTF
2.    Prosedur Pengendalian Desain
3.    Prosedur Pengendalian Gambar Teknik
   
B.4 PROSES KONSTRUKSI DAN KEBERSIHAN PROYEK/UMUM

Untuk memastikan fasilitas yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan mutu dan waktu yang telah ditentukan, maka PC/EM/AM bertanggung jawab untuk mengontrol kualitas dan skedul serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait selama proses konstruksi.

    Setelah fasilitas selesai dibangun, Manajemen Konstruksi yang ditunjuk atau inhouse akan melakukan pemeriksaan akhir sebelum dibuatkan berita acara.

Untuk memastikan lingkungan gedung dalam kondisi bersih dan hijau, maka project bertanggung jawab membuat rencana kerja dan jadwal permbersihan. Hasil kegiatan akan dicek dengan menggunakan checklist yang tersedia.

    Dokumen terkait :
1.    Prosedur Pengendalian Proses Konstruksi
2.    Prosedur Pengendalian Kebersihan Proyek/Umum

B.5 PROSES SELEKSI DAN EVALUASI SUBKONTRAKTOR / VENDOR

Untuk semua kegiatan yang tidak dilakukan inhouse meliputi : feasibility study, desain, pembangunan, manajemen konstruksi dan quantity surveyor; maka PC akan menunjuk konsultan yang sesuai dengan kegiatan tersebut dan yang sudah masuk dalam Daftar Konsultan Resmi.

Untuk memastikan bahwa pengadaan jasa konsultan dan kontraktor sesuai dengan persyaratan, maka perusahaan melakukan seleksi dan evaluasi terhadap konsultan dan kontraktor yang mampu memenuhi kriteria dengan metode verifikasi.

Dokumen terkait :
1.    Prosedur Pengadaan Jasa Feasibility Study
2.    Prosedur Pengadaan Jasa Konsultan Desain
3.    Prosedur Pengadaan Jasa Manajemen Konstruksi
4.    Prosedur Pengadaan Jasa Quantity Surveyor
5.    Prosedur Pengadaan Jasa Kontraktor

 

 

 

 

 

PT. LTF Indonesia

Pilihan Bahasa