HOME   > REFERENSI  > -Studi Kelayakan Proyek Bangunan Komersil >    -BAB 1 - Pendahuluan

 
 

   -BAB 1 - Pendahuluan

 


 


      

BAB I

 PENDAHULUAN


 
I.1.       LATAR BELAKANG
 
Lebih dari 5 (lima) tahun perumahan dinas BRI yang berada di  Jl. Rs. Fatmawati /Jl. Apel  terbengkalai dan tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga kondisinya tidak layak dan sebagian besar rusak berat. Pada awalnya diperuntukan untuk perumahan pejabat Bank Rakyat Indonesia dengan fungsi peruntukan masih berbentuk Wisma Besar (Wbs) dan Wisma Sedang (Wsd).
Sejalan dengan berjalannya waktu dan berkembangnya zaman disekitar lokasi, tanah BRI tersebut  berkembang berubah fungsi  menjadi tempat usaha / niaga terutama disepanjang Jl. Rs. Fatmawati terdapat berbagai macam jenis usaha sehingga meningkatkan nilai  tanah .
Atas dasar tersebut maka PT. LTF ,  berkeinginan untuk memanfaatkan/ optimalisasi asset lahan  terbengkalai tersebut menjadi suatu Pusat Perdagangan Bisnis Terpadu (One Stop Shoping) yaitu Pusat Perdangan Material & Bahan Bangunan dan Kanto (Kantor Toko) , yang nantinya akan mengajukan proposal kepada pihak PT. Bank Rakyat Indonesia untuk  rencana pembangunan “Fatmawati Square “. 
Dalam rencana pemberdayaan lokasi  tanah,  PT. LTF mengajukan investasi dalam bentuk bangunan, sedangkan PT. Bank Rakyat Indonesia sebagai pemilik lahan. Tanah/lahan yang direncanakan persis berada disebelah utara dengan ITC Fatmawati  dengan luas kurang lebih 9.715 m2.
Untuk mewujudkan rencana pembangunan Fatmawati Square ini, tahap awal yang dilakukan oleh PT. LTF adalah melakukan studi kelayakan / membuat konsep kajian / proposal  yang memberi gambaran bahwa lokasi tapak tanah tersebut akan memberi keuntungan, baik secara finansial maupun manajerial serta keuntungan keuntungan lainnya.  Sesuai dengan Corporate Plan 2001 – 2005, dalam rangka diversifikasi usaha dibidang Bisnis Property.
 
 
I.2.       Konsep Pemikiran Pemanfaatan lahan.
 
            Dasar dasar pemikiran rencana pembangunan  Fatmawati Square tersebut adalah sbb:
 
  1. Kurang lebih 80%  jenis usaha yang dilakukan disepanjang Jl. Fatmawati adalah bisnis interior/furniture, material dan bahan bahan bangunan, dengan kondisi yang tidak layak, baik fasilitas maupun parkir dengan menyebar dibeberapa tempat.
  2. Sisanya 20% adalah pelaku bisnis lainnya yaitu Dealer,  Bank, Supermarket  ,  maupun Pusat Perbelanjaan Umum.
  3. Menyerap Access penduduk di Wilayah Jakarta Selatan, untuk tidak  membeli  di Wilayah Jakarta lainnya.
  4. Disekitar lokasi adalah lingkungan Elite,  sehingga kebutuhan akan bahan material dan bangunan  lebih tinggi dengan kwalitas yang baik di lingkungan perdagangan yang layak serta kebutuhan akan parkir yang memadai.
  5. Sistem One Stop Shoping, yaitu segala kebutuhan akan membangun rumah, mulai dari keramik, cat, kunci, AC, alat alat teknik lainnya tersedia di satu lokasi.
  6. Tidak menutup kemungkinan  Kontraktor, Konsultan dan Pelaku Bisnis Property (Agent / Distributor), yang sudah mempunyai tempat dilokasi lain, untuk berkantor atau menempati Kanto tersebut  dalam usaha mereka menyerap para konsumen khusus di Wilayah Jakarta Selatan.
  7. Ditinjau secara Makro, yaitu mulai meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik, dengan ditandai menjamurnya pusat pusat perdagangan diberbagai lokasi di Wilayah Jakarta dan sekitarnya.
 
I.3.       Maksud dan Tujuan
 
Maksud dari studiini adalah memberikan laporan yang lengkap mengenai kelayakan proyek “ Fatmawati Square ” di lokasi Jl. Rs. Fatmawati / Jl. Apel  dengan meninjau dari berbagai aspek terutama :
 
1.    Aspek  Pemasaran.
2.    Aspek Hukum
3.    Aspek Teknis.
4.    Aspek Keuangan
5.    Aspek  aspek lainnya.
 
Masing-masing aspek tersebut akan diuraikan secara lengkap sehingga diperoleh kesimpulan secara jelas tentang kelayakan dari proyek tersebut.
Dalam laporan ini akan disertakan pula data-data pendukung berupa data pertumbuhan ekonomi dan kemudian  pengaruhnya terhadap pembangunan  “Fatmawati Square” tersebut  terhadap usaha-usaha yang  telah berkembang disepanjang jalan Rs. Fatmawati. Study juga diarahkan /penekanannya  untuk mengetahui secara jelas Demand daya serap pasar “Fatmawati Square” yang akan dibangun dalam kaitannya terhadap pemasaran serta pengembanganya, perkiraan biaya investasi, struktur pembiayaan investasi, tingkat pengembalian investasi, proyeksi keuangan, hukum maupun teknis/arsitektur.
Tujuan dari studi ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai proyek pembangunan “Fatmawati Square” dilihat dari berbagai aspek diatas, yang akan digunakan sebagai  bahan masukan  bagi PT Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) dalam hal ini sebagai pemilik lahan, untuk dapat bekerjasama  dalam rangka terwujudnya pembangunan proyek tersebut demi tercapainya  keuntungan bagi kedua belah pihak, baik finansial maupun bagi kesejahteraan karyawannya.
 
I.3.  Metodologi dan Sumber Data
 
Penelitian akan dilakukan dengan 2 ( dua ) cara  yaitu penelitian lapangan dan penelitian ditempat ( Desk Research  / literatur). Penelitian lapangan  akan dilakukan dalam kaitannya  dengan  pemasaran. Sedangkan desk research dilakukan  dalam kaitannya dengan aspek hukum dan keuangan dan data data pendukung lainnya.
Studi disusun dengan menggunakan data-data dari sumber terkait  yaitu Walikotamadya Jakarta Selatan  dan Pemda DKI Jakarta adalah sebagai berikut :
 
1.    Bagian Kesatuan Bangsa  Bapak Drs. James Marpaung.
2.    Bagian Administrasi Wilayah Ibu Herawati
3.    Bagian Hukum dan Ortala dari Kabag didisposisikan ke Bapak Agus.
4.    Bagian Administrasi Perekonomian Dra. Hj. Connie Chairunnisa MM
5.    Bapak Hambali SH Kasubbag Koperasi dan UKM.
6.    Bagian Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah ( BPLHD )
7.    Bapak Drs. Edison Meliala.
8.    Bagian BPN Bapak  Dahrizal.
9.    Bagian Sudin Tata Kota Bapak  Ir. Adi Bambang Syah didisposisikan ke Bapak
      Tobing lalu ke Bapak Drs. Bambang Lesmono.
10. Bagian Sudin Wilayah Jakarta Selatan  Bapak Drs. Bambang Lesmono.
11. Bagian P2B dari Kabag didisposisikan ke Bapak J. Mandua.
12. Bagian Pengurusan SIPPT di DKI  Bapak  Drs. M. Pardede.
 
Disamping itu  secara terpisah juga dilakukan  survey ke beberapa lokasi pembangunan proyek-proyek sejenis, baik yang sudah berjalan maupun yang sedang dalam tahap pembangunan proyek, dalam rangka mencari informasi tentang harga jual satuan unit Kanto/Ruko,  adalah sebagai berikut  :
 
 
1.    ITC Fatmawati di Jl. Fatmawati
2.    Kenari Mas di Jl. Kramat Raya
3.    Darmawangsa Square di Jl. Darmawangsa IX
4.    Kelapa Gading Trade Centre di Jl. Boulevard Barat Raya Kelapa Gading.
5.    Mangga Dua Square di Jl. Gunung Sahari
6.    Town Square Cilandak di Jl. TB Simatupang.
       (Data-data terlampir)
 
Dan, sebagai informasi pendukung akan dilakukan pooling pendapa/penyebaran angket untuk melihat seberapa besar keinginan pelaku-pelaku bisnis atas rencana pembangunan proyek tersebut.
 
I. 4. Lokasi  Proyek
 
Rencana Proyek Pembangunan tanah di jalan Rs. Fatmawati di Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru , Kotamadya Jakarta Selatan , dengan batas batas sbb:
 
Sebelah Utara  berbatasan  dengan       :  Tanah ny. Sutinah/Jl, Sawo
Sebelah Barat  berbatasan  dengan       :  Jl. Rs.Fatmawati
Sebelah Timur  berbatasan dengan       :  ITC Fatmawati
Sebelah  Selatan berbatasan dengan    :  ITC Fatmawati
Luas  tanah                                             :  9.715 m2
 
Status Lahan/Tapak tanah                     : Milik  PT. Bank Rakyat Indonesia ( persero ).
 
                                                                  Sertifikat Hak Milik No.1109 atas nama 
                                                                  PT.BRI (persero).
 
 
 
 
 

 by admin@pt-ltf.com

 

 

PT. LTF Indonesia

Pilihan Bahasa